Oleh: dikavancivil | 17 November 2008

Tips dan Trik dalam menghadapi ujian

Berikut ini adalah tips dan triks yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran

Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.

3. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain itu

4. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

5.  Hindari Belajar Berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

6. Jalan terakhir

Jika ke 5 tips dan trik itu tidak bisa anda lakukan atau anda laksanakan, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara berdoa kepada Tuhan YME agar di berikan petuah atau wangsit saat ulangan nanti.

dan jika cara itu belum berhasil, bertanyalah dengan teman sebelah anda yang lebih pintar saat ulangan nanti atau bahasa gaul nya MENYONTEK….

terimakasih atas perhatiannya….

semoga bisa membantu anda semua….


Responses

  1. hahahahaha…….
    bujur tu yang jalan terakhir… nyontek emang the best….

  2. kada benar tu jalan trakhirnya…
    haha

  3. eh tp boleh jg ngupil eh salah ngumpul di rmh tmn.
    klo bljr sama2 tuh bisa tanya2 sekalian ngobrol (baca:ngegosip)
    hehehe

  4. semoga itu bisa membantu kita dalm ulangan nanti….
    hehe
    apalgi trik terakhirnya….
    paling ngaco,,,

  5. bener kata venita tu,,,,
    tu cara paling efektif,,
    kita kan bisa bertanya pada teman jika tdk mengerti…

  6. pokokX bwt warga2 el_vosfor…. keep spirit… key..
    cayooooooooo….🙂

  7. dan yang paling penting adalh berdoa….
    sebelum ulangan nanti…..

  8. woooooooooiiiiiiiiiii…
    rami tips n trik na…..

  9. tumben tri km ngenet……..
    cayooo lah bwt warga el_vosfor yg imut2 n manis2.
    jgn mao nyontek kalo gak kepepet…

  10. apalgi trik yang trakhir,,,,
    rami banarrrrrrrrrr

  11. it’s really fun and smart trick and tips…

  12. tapi berusaha dulu,,
    jangan nyontek dulu,,,,
    okeh2???

  13. tapi klo udah kada bisa gawi,
    nyontek adalh jalan satu2 na.
    haha
    okeh???

  14. hohohoho…

    mati mampus ja mun ndika ngikutin tips2 tadi…

  15. wah belajar kelompok tp personilnya sedikit keknya bagus juga deh.. aplagi dengan tutor sebaya khn enak bisa cerita2n

  16. wah, tips nya bagus nih..
    sangat membantu..

    bro,yg jalan terakhir tu legal atau ilegal ya??
    hahaha..

  17. wah,,,,,,,,,
    baru buka hot news ne…
    bagus brita na tu…
    haha

  18. tapi lebih enak jaln trakhir tu lah???
    paling debest dah…

  19. anak2 elvosfor harus jadi yang terdepan……
    kalahkan semuanya…
    buktikan klo kita BISA…

  20. Cara yang paling bagus ya nyontek!!!.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: