Oleh: dikavancivil | 3 Maret 2009

Gangguan Sistem Pernapasan

Saat pelajaran biologi tadi, saya dan teman-teman  melakukan presentasi tentang gangguan sistem pernapasan, dan di postingan ini saya ingin menambahkan sedikit dari yang kami presentasikan tadi.

Alat-alat pernapasan merupakan organ tubuh yang sangat penting. Jika alat ini terganggu karena penyakit atau kelainan maka proses pernapasan akan terganggu, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Berikut akan diuraikan beberapa macam gangguan yang umum terjadi pada saluran pernapasan manusia.

1. Influenza (flu), penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal.

2. Asma atau sesak napas, merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu, atau tekanan psikologis. Asma bersifat menurun.

3. Tuberkulosis (TBC), penyakit paru-paru yang diakibatkan serangan bakteri mycobacterium tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, sel-selnya mati dan paru-paru mengecil. Akibatnya napas penderita terengah-engah.

4. Macam-macam peradangan pada sistem pernapasan manusia:

a. Rinitis, radang pada rongga hidung akibat infeksi oleh virus, missal virus influenza. Rinitis juga dapat terjadi karena reaksi alergi terhadap perubahan cuaca, serbuk sari, dan debu. Produksi lendir meningkat.
b. Faringitis, radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri Streptococcus. Tenggorokan sakit dan tampak berwarna merah. Penderita hendaknya istirahat dan diberi antibiotik.
c. Laringitis, radng pada laring. Penderita serak atau kehilangan suara. Penyebabnya antara lain karena infeksi, terlalu banyak merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak serak.
d. Bronkitis, radang pada cabang tenggorokan akibat infeksi. Penderita mengalami demam dan banyak menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan.
e. Sinusitis, radang pada sinus. Sinus letaknya di daerah pipi kanan dan kiri batang hidung. Biasanya di dalam sinus terkumpul nanah yang harus dibuang melalui operasi.

5. Asfikasi, adalah gangguan pernapasan pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen yang disebabkan oleh: tenggelam (akibat alveolus terisi air), pneumonia (akibatnya alveolus terisi cairan lendir dan cairan limfa), keracunan CO dan HCN, atau gangguan sitem sitokrom (enzim pernapasan).

6. Asidosis, adalah kenaikan adalah kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah, sehingga pernapasan terganggu.

7. Difteri, adalah penyumbatanpada rongga faring atau laring oloeh lendir yang dihasilkan kuman difteri.

8. Emfisema, adalah penyakit pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara.

9. Pneumonia, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru.

10. Wajah adenoid (kesan wajah bodoh), disebabkan adanya penyempitan saluran napas karena pembengkakan kelenjar limfa atau polip, pembengkakan di tekak atau amandel.

11. Kanker paru-paru, mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru. Kanker paru-paru dapat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker paru-paru sangat berhubungan dengan aktivitas yang sering merokok. Perokok pasif juga dapat menderita kanker paru-paru. Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan kanker paru-paru adalah penderita menghirup debu asbes, radiasi ionasi, produk petroleum, dan kromium.

Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan

A. Kandungan Asap Rokok

Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung komponen gas dan partikel.komponen gas terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, hydrogen sianida, amoniak, oksida dari nitrogen, dan senyawa hidrokarbon. Adapun komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, dan kadmium.
Asap yang dihembuskan para perokok dapat di bagi atas asap utama dan asap samping. Asap utama merupakan asap tembakau yang dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping merupakan asap tembakau yang disebarkan ke udara bebas, yang akan dihirup oleh orang lain atau perokok pasif. Terdapat 4000 jenis bahan kimia dalam rokok, dan 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), dimana bahan racun ini lebih banyak didapatkan pada asap samping. Misalnya karbon monoksida, 5 kali lipat lebih banyak ditemukan pada asap samping daripada asap utama , benzopiren 3 kali, dan ammonia 50 kali. Bahan bahan ini dapat bertahan di ruangan berjam jam lamanya.

B. Penyakit Akibat Merokok

Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran pernapasan dan jaringan paru-paru.
Akibat perubahan anatomi saluran pernapasan tersebut, pada perokok akan timbul perubahan fungsi paru-paru. Merokok juga merupakan penyebab timbulnya penyakit obstruksi paru menahun, termasuk emfisema (pembengkakan paru-paru), bronkitis kronis. Dan asma.
Merokok menjadi pemicu utama penyebab penyakit kanker paru-paru. Hubungan tersebut telah diteliti dan akhirnya secara tegas memang bahwa rokok sebagai penyebab utama kanker paru-paru. Dibandingkan dengan bukan seorang perokok, kemungkinan timbulnya kenker paru-paru pada perokok mencapai 10-30 kali lipat.
Gangguan yang ditimbulkan akibat merokok antara lain sebagai berikut.

1. Jantung Koroner

Merokok menjadi faktor utama penyebab penyakit pembuluh darah jantung koroner. Merokok juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan pembuluh darah perifer.

2. Stroke

Penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak sehingga pecah banyak dikaitkan dengan kegiatan merokok. Risiko stroke dan risiko kematian lebih tinggi pada perokok dibandingkan bukan perokok

3. Memudahkan Terjangkit AIDS

Dalam penelitian yang banyak dilakukan di amerika serikat dan inggris, didapatkan kebiasaan merokok memperbesar kemungkinan timbulnya AIDS pada pengidap HIV. Pada kelompok perokok, AIDS timbul rata-rata dalam 8,17 bulan, sedangkan pada kelompok bukan perokok timbul setelah 14,5 bulan. Ternyata merokok menurunkan kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terkena AIDS.

4. Gangguan Fisiologis

Nikotin menyebabkan ketagihan. Selain itu, nikotin juga merangsang pelepasan andrenalin, meningkatan frekuensi jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen jantung. Nikotin juga mengganggu kerja saraf, otak, dan banyak bagian tubuh lainnya. Nikotin juga dapat mengaktifkan trombositsehingga terjadi adhesi (penempelan) trombosit ke dalam pembuluh darah.

Karbon monoksida melarutkan hemoglobin, sehingga persediaan opksigen untuk jaringan tubuh menurun. CO menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/penebalan dinding pembuluh darah). CO membuat darah mengental dan mudah menggumpal ( Sumber : poetoegauliptek ).


Responses

  1. bagus jg ya tambahan dari presentasi tadi,
    sudah sangat jelas.

  2. saya mw bertanya,
    apa perbedaan gangguan pada pernapasan dengan penyakit pada pernapasan???

  3. bnyak jg ya bahaya merokok,
    sangat merugikan diri kita sendiri..

  4. It’s really a useful writing. Before this i don’t really care on the problem of the respiratory system, but now it’s better for us to do the best for our health.

    Keep writing good topics.
    Regards.

  5. apapun yang kita lakukan pasti ada bahaya nya,,,
    so, kita harus waspada

  6. hayang ewean euy
    jeunk mona cigana ngeunah pisan

  7. MONA I LOVE YOU
    I WANT TO ENTOOOT YOU

  8. saya mw tanya kenapa sakit amandel itu ada yang sampe amandelnya dihilangkan, padahal di sini amansel atw tonsil kan berguna bgt

  9. KHASIAT PRODUK : BLACK CUMIN (HABATUSSAUDA)
    Apa saja khasiatnya?
    Info produk sms ke 08159927152

    Satu ulasan ilmu kedokteran menampilkan bahwa Habbatussauda mengandung lebih dari 100 unsur penting yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia antara lain :

    1. Anti inflamasi, mengobati perih dan radang tenggorokan.
    2. Anti Artritic, mengobati reumatik.
    3. Anti Analgesic, mengobati sakit gigi dan sakit kepala (migran).
    4. Aktivitas hormon mengatur haid dan meningkatkan aliran susu.
    5. Antiseptic, mengobati bau mulut.
    6. Antiphyretic, menurunkan demam
    7. Antivirus, mengobati flu dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus (Thypus,DBD, Hepatitis, HIV/AIDS, Flu Burung, dsb.)
    8. Dematology, mengobati jerawat dan eksim.
    9. Urinary tract, mengobati saluran kemih dan batu ginjal.
    10. Sistem kekebalan, meningkatkan daya tahan tubuh (antibody) untuk menangkal penyakit.
    11. Gastro intestinal tract, mengobati mabuk, diare, kejang, konstipasi dan empedu.
    12. Mengobati penyakit asam lambung (maag).
    13. Sistem sirkulasi, meningkatkan kerja jantung.
    14. Nematocidal, membasmi cacing pita.
    15. Respiratory tract, mengobati sesak nafas (asma).

    Dan menurut pengalaman para konsumen yang secara rutin mengkonsumsi Habbatussauda ditemukan khasiatnya antara lain mengobati darah tinggi, gula darah, darah rendah, diabetes, paru-paru, sakit dada yang kronis, kanker dan tumor, menyegarkan tubuh yang lesu, mandul, keputihan, menstabilkan hormon endocrine yang menguatkan syahwat, berbagai penyakit kulit gastrik, melancarkan pencernaan, mengatasi stress, sulit tidur (insomnia), menurunkan kolestrol, stroke, lumpuh sebelah, luka di hati, pencegahan dan kimotripi kanker dan tumor, TBC asam urat, batuk menyegarkan dan menetralisir halusinasi pengaruh obat-obatan, menghancurkan lemak yang berlebihan, menghaluskan dan mengencangkan kulit, baik untuk wanita sehabis melahirkan maupun mencegah infeksi sebelum dan sesudah operasi, mengencangkan otot—otot yang lentur dari dalam, pra-monopause, jantung, bengkak-bengkak, mencegah pendarahan, sakit menjelang dan waktu haid, pegal-pegal, neurosis (sakit jiwa ringan), anemia, epilepsi, dan bawasir.

    Sebagai kesimpulan bahwa kandungan dan khasiat Habbatussauda yang sangat mengagumkan tak lepas dari Maha Kasih Sayang Allah SWT, sebagaimana diterangkan bahwa ”setiap penyakit ada obatnya“. Dengan menggali Sunnah Rasulullah SAW, lalu berikhtiar berobat dan bertawakal kepada Allah SWT, Insya Allah segala penyakit yang kita derita akan sembuh.

    Adakah Hadits yang mengulas tentang Habbatussauda ini?

    “Tetaplah kamu berobat dengan Habbatussauda, karena sesungguhnya di dalamnya mengandung bahan penyembuh bagi setiap penyakit kecuali mati”. (HR Al-Bukhari)

    Terdapat sebanyak 14 Hadis Shahih tentang kehebatan dan kelebihan Habbatussauda diantaranya :

    Artinya : “Sesungguhnya, al-Habbatus al-Sawda’ dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam.” Saya bertanya: “Apakah as-sam itu ?” Baginda menjawab : ‘As-sam yaitu maut !” ( Riwayat Bukhari )

    Didalam kitab Shahih Bukhari Muslim, Abu Hurairah r.a. berkata bahwa dia pernah mendengar Rasullah S.A.W. bersabda sebagai berikut :

    Artinya : “Tetaplah dengan al-Habbah al-Sawda” karena sesungguhnya ia mengandung obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam atau mati.”

    Artinya : “Daripada Abu Hurairah r.a katanya, Rasullah S.A.W telah bersabda : ‘Pada al-Habbah al-Sawda’ terdapat obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam.”

    Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim, Bukhari dan Ibnu Majah. Dan hadis ini tercantum dalam himpunan hadist-hadist sahih nomer 857.

    Terima kasih
    Info produk sms ke 08159927152

  10. KK saya numpan copy paste ya buat bikin makalah Biologi di sma saya!!

    Makasih

  11. penjelasan tadi dah mbntu plajrn w….

    tank’s yaw……………
    mmmmmmmmmmmuuuuaacccccchhhhhhhhhhhhhhhh

  12. tq , taz rangkumand naa .

    taz ene semua .
    gwe jdd twu tgg ene !

    ex : cha_rhe ~

  13. Yang jelas….merokok itu menguntungkan:
    1) Negara dibuat untung dengan beacukai dari penjualan rokok. Dokter banyak nerima duit dari orang-orang yg kena penyakit paru-paru. Rumah sakit juga dibuat untung,,,,dan banyak lagi.
    2) Merokok itu “nguntungkeun”, menjadikan “puntung”.

  14. apa zie penyebab utama timbulnya gangguan pernafasan???

  15. tolong donk d blz prtnyaan q d ats bgi yg tw,,
    ‘alna jwbn 2 ntuk ngisi soal lomba iptek……

  16. hello, q mw tnya nie …
    apa zie penyebab utama gangguan sistem pernafasan pada manusia???

    bgi yang tw please donk d jwb…
    trims….

  17. ccad

  18. i meet good blog today…

  19. Makasih ^_^

  20. apa saja ya penyebab gangguan alat pernapasan

    yng tau comment ya

  21. asdasdasd

  22. SEMUA NYA JGN NGEROKOK, KARENA ROKOK ITU BERBAHAYA BET TUBUH, BISA MEMBUNUH KITA,,,,,,

  23. PENYEBAB GANGGUAN : merokok,

  24. ea lo.. Tq ya.. aku copy paste aja.. :D

  25. serem juga ya…gmna cara mudah berhenti merokok,,sya perokok tapi bukan pecandu berat tetapi kalo ada rokok ya saya hisap..gmna dong?

  26. i like it

  27. pas bangett utk tugas aku

  28. Cara menCeg4h peny4qt yG m3ny3r4nG Sistem p3rn4p4zan tCu GhIem4n4 z3cH#

    , ‘ , ‘ , ‘ , ‘ , ‘ , ‘ , ‘ , ‘ ,

  29. lengkap lengkap lengkap ………
    jadi lancar ne ………………………

  30. thanks..pas buat tugaskuu…:)

  31. wah.. blog ini masih bermanfaat ternyata
    padahal sdh lama tak disentuh oleh adminnya :D

  32. kn ilmu mna mungkin tak bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: